Breaking News

Tanya Dokter Kandungan Online: Ini Dia Makanan Sehat untuk Menguatkan Kandungan dan Janin


Tanya Dokter Kandungan Online: Ini Dia Makanan Sehat untuk Menguatkan Kandungan dan Janin - Ibu hamil mengandung janin di dalam perutnya dimana janin tersebut perlu terus tumbuh hingga bisa menjadi bayi dan pada waktunya dapat dilahirkan dengan sehat dan normal. Agar janin dapat tumbuh menjadi bayi yang sehat, ibu perlu menjaga kondisi kesehatan diri baik fisik maupun mental. Kandungan ibu akan semakin besar dari waktu ke waktu seiring usia bayi di dalam kandungan. 



Untuk mendukung tumbuh kembang bayi dan ibu hamil sendiri, ibu perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan dan melakukan aktivitas yang baik untuk fisik sebelum melahirkan. Apa saja makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil? Tanya dokter kandungan online di Halodoc bisa memberikan Anda informasi yang dibutuhkan seputar makanan dan aktivitas yang baik untuk ibu hamil. Namun secara garis besarnya, berikut ini adalah jenis makanan yang dibutuhkan dalam jumlah besar untuk membantu kesehatan ibu dan janin:

1. Sayuran hijau.

Sayuran mengandung mineral penting untuk tubuh dimana mineral tidak bisa dihasilkan sendiri dari tubuh manusia. Karenanya manusia memerlukan asupan sumber mineral dari luar seperti sayuran hijau yang kaya akan bermacam-macam mineral. Pada dasarnya semua sayuran baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena mengandung mineral yang beragam. Namun sebaiknya jenis sayuran seperti bayam, brokoli, tomat, wortel dan sawi lebih diperbanyak karena mengandung anti oksidan, zat besi, folat dan kalsium.

2. Kacang-kacangan.

Kacang-kacangan mengandung asam folat yang dibutuhkan ibu hamil dalam jumlah cukup banyak. Anda bisa mengkonsumsi kacang tanah, kacang merah, kacang panjang dan kedelai. Selain dikonsumsi sebagai sayuran, Anda juga bisa membuat sup dari kacang-kacangan.

3. Buah-buahan.

Buah mengandung vitamin yang lengkap dan dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayinya. Buah yang sebaiknya rutin dikonsumsi antara lain jeruk, apel, pisang, alpukat, mangga, melon, stroberi, kiwi dan pepaya. Selain dimakan langsung, ibu juga bisa mengambil sari buahnya atau membuat minuman jus. Namun perlu diingat agar tidak menambahkan pemanis terlalu banyak karena dapat menyebabkan masalah kesehatan diabetes.

4. Susu dan olahan susu.

Susu dan olahannya seperti keju dan yogurt juga merupakan minuman yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil. Susu dan olahannya menjadi sumber kalsium yang paling mudah diserap tubuh untuk memperkuat kandungan ibu. Selain kalsium, susu juga mengandung mineral lain seperti fosfor, magnesium dan multivitamin penting. Pilihlah susu low fat atau susu skim untuk asupan bergizi seimbang dan bebas gula.

5. Lauk nabati.

Ikan laut kaya akan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak janin dan kandungan ibu. Jangan lupa masukkan menu ikan laut setiap hari agar kebutuhan protein terpenuhi. Jenis ikan yang kaya akan protein antara lain ikan salmon, makarel, tuna, kembung, mujahir, mas dan lele.

6. Daging.

Daging merah seperti daging sapi atau kambing juga baik dikonsumsi ibu hamil dalam kondisi matang sepenuhnya. Daging mengandung zat besi dan vitamin B untuk mencegah anemia.

Selain makanan dan minuman di atas, Anda juga bisa tanya dokter kandungan online seputar jenis bahan makanan apa saja yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Selain makanan, aktivitas tertentu juga sebaiknya ditambah atau dikurangi hingga dihilangkan sama sekali untuk memberikan modal kesehatan bagi ibu dan bayi sehingga dapat melalui proses kehamilan dan kelahiran dengan lancar dan sehat. Jangan lupa untuk memeriksakan diri setiap bulan agar kandungan bisa dipantau untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Tidak ada komentar