Breaking News

Tips Mengatur Pembukuan dengan Baik


Tips Mengatur Pembukuan dengan Baik - Aplikasi pembukuan gratis adalah sistem pembukuan yang bagus untuk melacak pengeluaran perusahaan. Aplikasi juga bisa membantu seorang pebisnis untuk mengatur pembukuan.

Bagi Anda yang bingung bagaimana cara mengatur pembukuan yang paling cocok untuk bisnis Anda, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan dengan didampingi oleh aplikasi.



Tips dan Trik untuk Mengatur Pembukuan dengan Baik

Pembukuan adalah laporan dari semua transaksi terkait bisnis yang menafsirkan dan menganalisis transaksi bisnis. Agar pengalaman pembukuan Anda bebas dari stres, pastikan Anda mengikuti panduan ini agar pembukuan Anda berjalan dengan baik:

Buat Rencana Bisnis

Sebelum melakukan proses pembukuan, pastikan Anda memiliki rencana bisnis yang baik. Perencanaan yang buruk dapat menghancurkan bisnis Anda. Jadi sebelum meluncurkan bisnis Anda, siapkan rencana untuk pengeluaran Anda.

Dengan melihat rencana ke depan, Anda dapat menentukan struktur pajak apa yang terbaik untuk bisnis Anda dan mempersiapkannya.  Membuat rencana Anda terlalu kaku juga tidak akan memperhitungkan apapun yang tidak terduga.

Menyiapkan Rekening Bank Terpisah

Menyiapkan rekening bank bisnis dengan pribadi dapat membantu Anda membangun profesionalisme, melindungi aset pribadi Anda, dan memberi Anda akses ke profesional keuangan.

Lebih penting lagi, memiliki rekening bank bisnis terpisah membantu menyederhanakan proses akuntansi dan pembukuan. Anda dapat melacak pengeluaran, simpanan, dan merencanakan anggaran bisnis. Memperoleh kartu kredit bisnis juga dapat membantu dengan tujuan ini.

Pilih Metode Akuntansi

Metode akuntansi Anda menentukan cara Anda melaporkan pendapatan dan pengeluaran ke IRS. Ada dua metode akuntansi yang berbeda: akuntansi tunai dan akuntansi akrual. Perbedaan utama antara kedua opsi ini adalah waktu di mana Anda mengenali pengeluaran dan penghasilan Anda.

Akuntansi kas mencatat pendapatan saat Anda menerimanya dan pengeluaran saat Anda membayarnya yang berarti bahwa bisnis Anda hanya akan melacak uang karena bertukar tangan sehingga Anda selalu dapat mengetahui berapa banyak uang yang Anda miliki.

Namun, downside ke akuntansi kas menunjukkan hal itu tidak memberikan gambaran yang jelas tentang kewajiban Anda yang belum dibayar.

Akuntansi akrual, di sisi lain, melacak pendapatan terlepas dari apakah uang tunai ditukar atau tidak. Misalnya, jika bisnis Anda perlu membayar freelancer, Anda akan mencatat pengeluaran sebagai "hutang" begitu layanan selesai, bukan ketika Anda benar-benar membayarnya. Demikian juga, pendapatan yang masuk akan dicatat sebagai "piutang" segera setelah layanan selesai, bukan ketika Anda menerima uang tunai.

Membangun Sistem Pembukuan

Untuk menjaga keuangan bisnis Anda, Anda harus membuat metode mendokumentasikan dan menyiapkan catatan Anda. Anda dapat melakukan pembukuan secara manual atau Anda dapat menggunakan aplikasi pembukuan gratis untuk membantu membangun sistem yang lebih rapi.

Jika Anda pernah membuat kesalahan dalam laporan keuangan usaha kecil Anda, Anda tahu bagaimana kesalahan akuntansi bisa memakan waktu. Anda perlu melindungi pembukuan bisnis Anda dari kesalahan akuntansi umum dengan menggunakan aplikasi akuntansi gratis . Caranya mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Buku Kas di Play Store atau App Store.


Tidak ada komentar