Breaking News

Anda Harus Kenali Dua Toko Online Ini Sebelum Berbelanja!

Anda Harus Kenali Dua Toko Online Ini Sebelum Berbelanja! - Teknologi semakin berkembang dan memasuki berbagai sektor kehidupan. Apalagi teknologi informasi yang dinilai sebagai pengetahuan tingkat tinggi yang paling cepat pertumbuhannya di masa ini. Itu sebabnya, zaman ini disebut era digital. Perdagangan melalui toko online dinilai menghasilkan omset dan keuntungan yang lebih pesat.

Ya, meski sekarang masih ada pedagang keliling dari rumah ke rumah dan toko yang didatangi pembeli, jenis toko digital mampu meraih keuntungan tidak sedikit. Banyak ibu rumah tangga dan pedagang UMKM yang sudah merasakan keberadaannya.

Apalagi saat pandemi Cpvid-19 melanda. Orang-orang yang khawatir untuk keluar rumah sangat memanfaatkan jasa toko yang dapat mengantar barang langsung ke depan rumah. Ketika Anda memerlukan barang dan searching di Google, akan ditemukan banyak penjual online. Orang yang sudah sering berbelanja online saja bingung, apalagi pembeli perdana.



Dua Jenis Toko Online yang Harus Anda Kenali

Dari sekian banyak toko yang berjualan secara online, Anda dapat mengelompokkannya menjadi 2, yaitu toko berbasis marketplace dan website. Apakah itu? Di bawah ini uraian singkatnya!

  1. 1.      Website

Pada dasarnya, hampir semua toko digital berbasis website. Hanya saja, ada yang kecil atau besar. Ada pula yang dapat diisi oleh beberaa penjual sekaligus.

Nah, toko dengan basis website yang dimaksud di sini adalah toko yang hanya menjual satu atau beberapa jenis barang dari satu produsen. Biasanya alamatnya berupa: www.namatoko.com atau www.namatoko.id, dan seterusnya.

Di dalam toko misalnya hanya menjual hijab saja dari berbagai mereka. Atau kebalikannya, menjual berbagai jenis barang dari satu brand. Toko yang berbasis ini terbagi lagi menjadi dua, toko dengan fitur lengkap dan tidak lengkap.

Biasanya toko yang lengkap tidak hanya menampilkan foto atau galeri produk. Mereka mempunyai fitur home yang berisi seluk beluk perusahaan dan pemilik, galeri, kolom chat, hingga fitur pembelian yang dapat mengitung otomatis harga produk yang Anda beli dan ongkos kirim.

Ada pula website toko yang isinya hanya nama toko, galeri produk, dan nomor yang dapat dihubungi jika Anda membutuhkan produk yang dijual. Kekurangan terbesar dua jenis toko ini adalah hanya menjual produk tertentu saja dan keamanan transaksi tidak terjamin.

  1. 2.      Marketplace

Marketplace sebenarnya juga berbasis website, tetapi dikelola secara lebih profesional dan mempunyai hosting sendiri. Kebanyakan marketplace juga mempunyai aplikasi yang memudahkan Anda belanja melalui gadget.

Di marketplace, seperti blibli.com Anda dapat menemukan berbagai jenis barang dan ratusan hingga ribuan penjual. Hampir semua barang yang ada secara offline, ada pula di sini.

Barang yang dijual di sini dikelompokkan menjadi berbagai bagian, seperti fashion, hobi, alat rumah tangga, dan lain-lain agar Anda mudah melakukan pencarian. Tidak ingin repot? Tulis saja nama barang di komlom pencarian! Anda akan menemukan banyak toko yang menjualnya.

Kelebihan transaksi melalui blibli.com cukup banyak. Yang paling dijadikan acuan adalah keamanan transaksi. Mengapa? Anda tidak langsung membayar barang yang dibeli ke toko tetapi ke pihak marketplace. Jika barang sudah sampai, barulah uang yang bayarkan diteruskan ke toko.

Selain itu, kini dikenal pula sistem cash on delivery atau COD. Anda tidak perlu membayar barang melalui transaksi bank atau kartu digital lain. Harga dan ongkos kirim dapat dibayarkan melalui kurir yang datang mengantar barang.

Namun, Anda harus jeli membeli di sini jika ingin yang terbaik dan murah. Lihat dulu beberapa penjual yang menawarkan produk yang sama. Bandingkan harga dan kualitasnya! Ini dapat dilihat dari testimoni pembeli dan reputasi dari marketplace.

Itulah sedikit uraian tentang dua jenis toko online yang harus Anda ketahui sebelum berbelanja! Jangan lupa, belanjalah di blibli.com untuk kualitas produk dan layanan terbaik!

Tidak ada komentar